Malam Ini, Grand Final KDI 6  
ImageProsesi penobatan juara ’Kontes Dangdut TPI (KDI) 6’ akan digelar malam ini, Sabtu, 15 Agustus 2009 pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung dari Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Dalam perhelatan akbar tersebut, pemirsa akan menjadi saksi, siapakah di antara 2 grand finalis yakni Fika (Berau) dan Adnan (Polman) yang layak menyandang gelar ’Juara KDI 6’. Di malam yang bertabur bintang ini, tak ketinggalan akan diumumkan pula Juara Favorit KDI 6.
 
Jika Juara 1 dan 2 masih menjadi teka-teki yang baru akan terjawab malam ini, posisi Juara 3 KDI 6 telah diduduki oleh Via (Banjarmasin). Kontestan termuda di KDI 6 ini dinobatkan sebagai Juara 3 KDI 6 pada kontes KDI 6 tanggal 8 Agustus 2009.

Grand Final KDI kali ini mengusung tema ’Bintang Khatulistiwa’. Tema tersebut diangkat untuk menggambarkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh kedua grand finalis yakni Fika (Berau) dan Adnan (Polman) yang berasal dari daerah Timur Indonesia. Unsur kuat bagian Indonesia Timur pada acara ini diterapkan dalam beberapa elemen, seperti kostum, instrumen musik, opening dance, properti, grafis serta statemen pendukung dari masing-masing kontestan.

Para grand finalis akan tampil sebanyak empat kali dengan membawakan masing-masing enam buah lagu yang disertai berbagai tantangan seru. Kedua grand finalis juga dituntut untuk tampil maksimal pada empat kawasan tantangan. Yakni ’Kawasan Improve + Aransemen’, ’Kawasan Medley’, ’Kawasan Koreo’ dan ’Kawasan Duel dalam Duet’.

Dalam kawasan pertama, kedua grand finalis akan membawakan lagu yang sama namun mereka diberi kebebasan untuk memilih aransemen yang mereka inginkan, dalam ’Kawasan Improve + Aransemen’. Dalam kawasan ini, pemirsa akan disuguhkan lagu ’Rembulan Bersinar Lagi’ dengan aransemen yang unik dan berbeda. Lagu yang sukses dipopulerkan oleh Mansyur S. ini akan dinyanyikan dengan aransemen Etnik oleh Adnan dan Jazzdut oleh Fika.

Setelah melewati tantangan pertama, di ’Kawasan Medley’, kedua kontestan akan menyanyikan tiga buah lagu secara medley dalam satu penampilan. Yang menarik, penampilan para grand finalis didukung dengan set yang berbeda, disesuaikan dengan nuansa lagu masing-masing. Pada segmen ini Fika akan membawakan lagu ’Balqis, ’Sabri Aleel’ dan ’Persaingan’. Sedangkan lagu yang akan dinyanyikan Adnan secara medley adalah ’Hilang Tak Berkesan’, ’Amarain’ dan ’Perbedaan’.

Sebagai tantangan ketiga, ’Kawasan Koreo’ masing-masing grand finalis ditantang untuk menyanyikan lagu India, lengkap dengan koreografi massal-nya. Adnan yang membawakan lagu India berjudul ’Are Re Are’ akan didukung oleh para penari dari On The Spot Dancer. Begitu pula dengan Fika, dalam segmen ini Fika akan membawakan lagu India, ’Chandi Ki Daal Par’ dengan iringan tarian dari Xtrue Dancer.

Pada tantangan terakhir, kedua kontestan harus berhadapan dengan para remote voters dalam ’Kawasan Duel dalam Duet’. Dalam segmen ini masing-masing kontestan akan menantang satu orang remote voter dalam format duet. Malam ini Fika akan berduet dengan Elvy Sukaesih dalam lagu ’Pesta Panen’. Pemirsa juga dapat melihat duet antara Adnan dan Mansyur S. dengan lagu ’Hiasan Mimpi’.

Seperti yang sudah menjadi keistimewaan KDI 6 selama ini, nilai total untuk kontestan didapatkan dari akumulasi remote voters dan polling sms pemirsa yang akan menentukan pemenang KDI 6. Malam ini, bukan hanya pemirsa yang akan menentukan, tetapi juga tak kurang dari sembilan orang remote votersyang terdiri dari Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Bertha, Rita Sugiarto, Ayu Soraya, Jaja Miharja, Fazal Dath, Manyur S dan Erie Susan ikut andil dalam pemilihan pemenang.

Acara ini juga akan didukung oleh bintang-bintang dangdut ternama, yakni Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto dll. Tak ketinggalan para jawara KDI juga turut menyumbangkan suara merdunya. Siti, Gita dan Nurdin akan tampil dan turut mendukung para calon juara penerus mereka. Acara juga akan semakin hangat dengan kehadiran dua host kompak, Irfan Hakim dan Magdalena serta tiga orang co-host kocak yakni Olga Syahputra, Okky Lukman dan Wendi ’Cagur’. Penampilan para pengisi acara akan diiringi oleh Marcel Aulia Big Band. Aksi panggung para pendukung acara juga akan terlihat makin memikat dengan dukungan para dancer dari Alpha Plus, On The Spot dan X-True.

Selain melibatkan bintang-bintang ternama, para kontestan KDI 6 yang telah terjemput juga akan tampil di panggung megah ’Grand Final KDI 6’. Ke-delapanbelas kontestan tersebut akan mengiringi penampilan kedua grand finalis. Acara ini juga menjadi ajang reuni, baik bagi para kontestan maupun pemirsa dengan para kontestan.

Para juara akan memperebutkan hadiah uang masing-masing senilai Rp. 150 juta (Juara 1) dan Rp. 75 juta (Juara 2). Sedangkan Via (Banjarmasin) (Juara 3) berhak memeroleh hadiah sebesar Rp. 50 juta. Sementara itu, kontestan yang terpilih sebagai Juara Favorit mendapatkan hadiah senilai Rp. 20 juta. Adapun kontestan yang berada di urutan 4 dan 5, mendapat hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp. 10 juta. Kontestan yang berada di posisi 6-10, masing-masing mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 7,5 juta. Sedangkan uang sebesar Rp. 5 juta diberikan bagi kontestan yang berada di urutan ke-11-20. Selain memeroleh berbagai hadiah, mereka juga mendapatkan bermacam kesempatan untuk mengembangkan karir di bawah manajemen PT. Star Media Nusantara (SMN).

Saksikan pencarian juara-juara baru KDI hanya di acara Grand Final KDI 6 ”Bintang Khatulistiwa”, Sabtu, 15 Agustus 2009 mulai pukul 19.00 WIB, disiarkan langsung dari Tennis Indoor, Jakarta. (SD)


KDI 6 Berjuta Rasa !
 
< Sebelumnya   Berikutnya >